contoh kasus problema sosial

Published Mei 14, 2012 by purplenitadyah

 

Normal
0

false
false
false

IN
X-NONE
X-NONE

MicrosoftInternetExplorer4

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin:0cm;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:10.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-bidi-font-family:”Times New Roman”;}

PROBLEMA PILIHAN SOSIAL

 

Contoh kasus yang problema pilihan sosial yang berkaitan dengan isu-isu sosial kontemporer.

 

1.      Tia Wulandari (0901077)

 

a.       Pemilihan ketua BEM sesuai dengan kriteria yang di tentukan.

 

b.      Pengambilan keputusan sesuai dengan hasil mufakat bersama.

 

c.       Penggunaan ATM sesuai dengan ketentuan yang berlaku

 

d.      Banyaknya mobil yang mewah menggunakan premium bersubsidi.

 

e.       Penggunaan trotoar seharusnya digunakan oleh pejalan kaki bukan untuk berjualan.

 

 

 

2.      Gina Dameria (0901481)

 

a.       Kenaikan BBM yang tidak melihat akibat yang di timbulkan.

 

b.      Penetapan peraturan anti porno yang tidak diseluruh daerah di berlakukan seperti di Bali.

 

c.       Peraturan wajib sekolah 9 tahun namun tidak di upayakan secara maksimal.

 

d.      Anggaran membangun gedung DPR yang berlebihan.

 

e.       Anggaran dinas presiden yang berlebihan.

 

 

 

3.      Savitri purbaningsih (0903957)

 

a.       Pemilihan umum yang hanya memilih partai yang ia anggotakan.

 

b.      Pengambilan keputusan yang secara  tertutup yang dilakukan oleh suatu partai.

 

c.       Institusi yang mengggelapkan uang rakyat. Uang tersebut hanya untuk anggota institusinya sendiri.

 

d.      Kebijakan  pemerintah untuk mengatur subsidi BBM secara adil.

 

e.       Demo BBM yang di lancarkan mahasiswa harus berlaku tertib.

 

 

 

4.      Nita Awalita Sundari (0901344)

 

a.       Kenaikan harga BBM tidak mementingkan kepentingan rakyat miskin.sehingga mau tidak mau, ketika ada kebutuhan yang mendesak, rakyat miskin pun membeli BBM dengan terpaksa. Namun sebaliknya, rakyat menengah keatas yang seharusnya membeli pertamax, malah membeli premium yang bersubsidi yang seharusnya diperuntukan bagi rakyat miskin.

 

b.      Naiknya biaya masuk Perguruan Tinggi Negeri, sehingga masyarakat menengah kebawah lebih mmemilih untuk bekerja dibandingkan menuntut ilmu.

 

c.       Perjuangan siswa SD yang berada di pelosok untuk menempuh kesekolahnya dengan melewati sungai yang begitu deras dan tebing yang curam yang sewaktu-waktu bisa merenggut nyawa mereka. Mirisnya lagi, pihak pemerintah daerah seakan-akan menutup mata tidak mengetahui hal tersebut. Bahkan meminta persyaratan-persyaratan “ini itu” untuk membangun sekolah paralel. Padahal para siswa ini sangat membutuhkan bangunan sekolah yang dekat dengan rumah mereka secepat mungkin.

 

d.      Penimbunan BBM yang dilakukan masyarakat demi memperoleh keuntungan yang lebih, ditengah kondisi yang sedang langka BBM. Disatu sisi, orang-orang bersusah payah mencari BBM meskipun harganya mahal, disisi lain ada orang yang sengaja menimbun BBM.

 

e.       Lapas sarang narkoba. Lembaga kemasyarakatan ini yang seharusnya membina orang-orang yang bermasalah dengan hukum, malah ditemukan lapas yang didalamnya banyak narapidana menggunakan narkoba.

 

 

 

5.      Fitri Aliva (0901117)

 

a.       Pemilihan ketua BEM karena kandidatnya sahabat atau teman dekatnya sendiri.

 

b.      Kebijakan pemerintah dalam mengatur subsidi BBM

 

c.       Demo yang menentang kenaikan BBM yang dilakukan oleh mahasiswa serta dituntut harus berlaku adil.

 

d.      Pemilu politik yang hanya memilih atau memihak pada partai yang di ikiuti.

 

e.       Suatu lembaga kemasyarakatan yang menggelapkan uang rakyat dan dana tersebut digunakan oleh anggota dari pengurus lembaganya itu sendiri.

 

 

 

6.      Widya purwanti (0900940)

 

a.       Seluruh buruh perkebunan diprovinsi Bengkulu menuntut kenaikan upah. Disini perusahaan mengalami problema antara menaikkan gaji buruh perusahaan juga tidak mau rugi.

 

b.      Ribuan TKI disiksa oleh majikannya di Arab Saudi artinya disini Tki yang masih selamat mengalami problema antara kebutuhan dengan uang dan takut disiksa seperti rekannya.

 

c.       Anak angkat Rano Karno ditahan akibat narkoba. Sebagai ayah mengalami problema antara dia sebagai pejabat publik dengan seorang ayah dari anak angkatnya.

 

d.      Minimnya pasokan bahan bakar minyak kewilayah perbatasan Indonesia- Malaysia di kalimantan Timur, membuat warga setempat terpaksa menggunakan BBM dari negeri Jiran.

 

e.       Pelaksanaan UN pada tahun ini akan mulai dilaksanakan pada tingkat SMA/MA, tgl 16-19 April 2012. Dilematisnya disini antara ketidaksanggupan siswa dengan sistem dari pemerintah yang tinggi.

 

 

 

7.      Ajeng Ginanjar (0900844)

 

a.       Ketua salah satu calon RT misalnya suami kita sendiri namun menurut kita ada calon lain yang lebih baik maka pilihlah dengan  hati nurani atau rasionalitas.

 

b.      Ketika llulus sekolah orang tua kita meminta kita untuk meneruskan kuliah namun kita sadar bahwa keadaan ekonomi tidak memungkinkan maka terjadi problema antara 2 pilihan.

 

c.       Ketika kita dihadapkan pada persoalan antara keinginan dan kebutuhan mana yang harus didahulukan.

 

d.      Ketika pemilu kita mendapat uang sogokan dari tim sukses salah satu calon disisi lain kita mendukung calon lain karena dirasa lebih baik disisi lain kita tidak enal karena diberikan uang atau dana yang memang bermanfaat maka terjadilah problema pilihan sosial.

 

e.       Ketika pemilihan kandidat Hima PIPS disatu sisi calon wakill ketua Hima tersebut adalah pacar saya sendiri disisi lain menurut saya calon yang lebih baik maka terjadi problema pilihan sosial.

 

 

 

8.      Fani Citra Dewi (0901830)

 

a.       Pelaksanaan ujian Nasional dengan standar nilai dari pemerintah yang terlampau tinggi. Dilematisnya disini adanya ketidaksanggupan siswa untuk mencapai standar nilai dari pemerintah yang tinggi.

 

b.      Kenaikkan BBM yang menjadi problematika pada saat ini menjadikan pemerintah membuat suatu pilihan dan kebijakan antara menaikkan harga BBM dan jebolnya APBN.

 

 

 

9.      Astri Nurjannah (0901379)

 

a.       Dalam suatu rapat, banyak pendapat dan beberapa anggota rapat biasanya pengambilan keputusan diambil setelah mencapai kata mufakat.

 

b.      Untuk menanggulangi kemacetan banyak solusi dari pemerintah, tetapi menjadi problema ketika dari solusi itu terdapat banyak dampak negatifnya.

 

c.       Untuk menertibkan PKL pun menjadi problema pilihan sosial karena jika PKL diberantas banyak banyak yang kehilangan mata pencaharian, tetapi jika dibiarkan menyebabkan kemacetan didaerah-daerah tertentu.

 

d.      Dalam memilih kepala desa disatu daerah biasanya terjadi problema antara pasngan ke 1 dan pasangan ke 2 yang kedua-duanya mempunyai visi dan misi yang ingin lebih memajukkan daerah tersebut.

 

e.       Dalam pemilihan sekolah pun biasanya terjadi problema karena ada segi baik dan tidaknya dari sekolah tersebut.

 

 

 

10.    Yanra Juniar (090703)

 

a.       Seorang guru yang mengajar anaknya sendiri disekolah dilema dalam memberikan penilaian.

 

b.      Penyogokan yang dilakukan oleh calon-calon pejabat kepada masyarakat sebelum pemilu, agar ia dipilih oleh masyarakat yang disogok tersebut.

 

c.       Seorang pedagang yang berdagang dikaki lima dilema karena disatu sisi untuk memenuhi kebutuhannya, disisi lain melanggar di trotoar.

 

 

 

11.  Andri Purnama (0901172)

 

a.       Pelatih Argentina Diego Maradona menjadikan Kun Aguero pemain utama karena Ia adalah seorang menantunya.

 

b.      Masyarakat Pacitan memilih SBY sebagai presiden karena SBY lahir di Pacitan.

 

c.       Seorang terduga teoritis asala Jawa Tengah mati tertembak dan jasadnya di tolak untuk di kebumikan didaerahnya karena masyarakat menilai ia telah memalukan nama daerahnya.

 

d.      Ketua prodi IPS memilihmemilih dosen-dosen untuk mengajar di IPS hampir semua berasal dari Sejarah, karena beliau juga dosen dari sejarah.

 

 

 

e.       Ketua RW di Cimahi mendahulukan saudara-saudaranya untuk di bagikan berasa raskin daripada memberikannya kepada yang benar-benar membutuhkan.

 

 

 

12.  Riefky Fiestawa (0901695)

 

a.       Ketika premium disubsidi untuk rakyat miskin namun banyak orang kaya imut memakai premium.

 

b.      Pemisahan jalur masuk Universitas yang mengakibatkan orang kaya lebih memilih ruang dalam memasuki Universitas ternama.

 

c.       Para anggota DPR yang didalamnya tidak hanya mementingkan rakyat namun mementingkan pula kelompoknya atau partai.

 

d.      Pemilihan kepala daerah yang setiap calonnya memilih latar belakang yang berbeda hal ini menjadi acuan sebagai nilai untuk masyarakat memilih.

 

e.       Pembagian sembako yang tidak merata.

 

13.  Regina Virgyn

 

a.       Ketika pemilihan calon presiden atau yang lainnya yang memiliki masalah atau kasus tetapi mereka tetap menjadi yang terpilih Bupati Subang.

 

b.      Ketika semua orang menyukai tayangan televisi yang tidak mendidik untuk anak-anak.

 

c.       Nilai-nilai budaya luhur yang hilang karena perubahan zaman dan waktu.

 

d.      Masyarakat yang selalu salah menilai ketika ada morma-norma yang melanggar/tidak sesuai.

 

14.  Ilham Irdiansyah

 

a.       Kenaikanj harga BBM bersubsidi

 

b.      Kenaikan harga=harga bahan pokok akibat kenaikan harga BBM.

 

c.       Rendahnya kenaikan tenaga kerja menjadikan individu yang berpendidikan rendah tidak memilki pilihan

 

d.      Tingginya tingkat urbanisasi akibat tidak meratanya pembangunan

 

e.       Meningkatnya jumlah kemiskinan akibat rendahnya kesadaran akan pendidikan.

 

15.  Tiani Andikni

 

Problema sosial memang sangat banyak dan salah satu contohnya adalah masalah pengangguran yang makin meningkat.problema sosial yang satu ini memang sudah menjadi hal yang umum dikarenakan banyak orang yang tidak berpendidikan dan umumnya mengalami kemiskinan sehingga tidak bisa bersekolah untuk mendapat pendidikan yang layak. Faktor lain adalah kemalasan m encari pekerjaan dan rata-rata berpikiran “bodo amat” mau cari kerja/tidak. Kebanyakan pada putus asa dan maunya dilakukan secara “instan”.

 

16.  Irda Jamil H (0901637)

 

a.       Perkelahian antar pelajar seringterjadi di kota –kota besar, hal ini menimbulkan reaksi dari pihak kepolisian.

 

b.      Isu kenaikan BBM di masyarakat, mengakibatkan banyak masyarakat yang menimbun BBM.

 

c.       Adanya beras raskin yang di berikan  kepada masyarakat sering di manfaatkan oleh oleh pemerintah setempat (RT) untuk  mendapatkan keuntungan (dijual kepada masyarakat).

 

d.      Adanya uang BOS untuk pendidikan justru disalahgunakan oleh pihak kepala sekolah untuk kepentingan pribadi.

 

17.  Evita Khoeriyah (0900934)

 

a.       Masyarakat yang kurang mampu untuk membayar pengobatan namun mereka menggunakan Asuransi kesehatan.

 

b.      Premium hanya layak dipakai oleh angkot bukan mobil-mobil mewah.

 

c.       Bantuan Langsung Tunai,seharusnya digunakan untuk modal uasaha kecil-kecilan bukan untuk berfoya-foya.

 

d.      Raskin, beras untuk rakyat miskin yang harusnya menjadi subsidi bagi orang miskin, malah dijual dengan harga murah.

 

18.  Chintia Oktaviani ()

 

a.       Kelasi Arifin sempat membela diri.

 

b.      warga miskin proses pembatasan tipe rumah.

 

c.       Pemerintah masih perdebatkan mobil mewah yang dilarang membeli premium.

 

d.      Gagalnya penyederhanaan parpol.

 

e.       Kesahaajan Talang Mamak : jauh dari peradaan kota dan modernitas,ditengah belantara suku Talang Mamak menyimpan kesahajaan hidup berdampingan dengan alam mereka butuh guru dan para medis, tapi siapa yang sudi?

 

19.  Dilla Rahmi (0901925)

 

a.       Banyaknya mobil mewah bahkan yang berplat merah, membeli premium yang bersubsidi.

 

b.      Banyaknya warga/rakyat menengah kebawah resah akan kenaikan BBM.

 

c.       Banyaknya mobil mewah tidak sesuai dengan kemiskinan di indonesia.

 

d.      Pro kontra tentang RUU kesetaraan gender.

 

20.  Kundari Agustianingsih ()

 

a.       BBM dinaikan biar setara dengan minyak dunia namun jika di naikkan rakyat akan makin miskin. Dengan naiknya BBM harga sembako dan yang lainnya juga ikutan naik.

 

b.      Para TKI banyak yang disiksa, namun walaupun begitu tidk ada kapok-kapoknya, karena mereka hanya berpikir gaji menjadi TKI itu lumayan besar tanpa memikirkan resikonya.

 

c.       Pro kontra UU pornografi.

 

21.  Mira Karmila (0901603)

 

a.       kera stress dan liar dianggap sebagai binatang yang harus dilindungi, itu adalah prinsip Amerika sedangkan di indonesia kera yang seperti itu haruslah dilumpuhkan karena telah menggangu dan tidak lain dianggap sebagai hama. Maka disinilah terdapat problema pilihan sosial.

 

b.      Seorang ibu yang tega membunuh anaknya karena stressdengan keadaan perekonomiannya, sehingga ia tega membunuh anaknya karena ia kasihan melihat anaknya dirundung malang dan kelaparan berkelanjutan, lebih baik ia membunuh anaknya daripada harus melihat anaknya sengsara, ini adalah problema pilihan sosial.

 

c.       Seorang oknum yang membuat kosmetik palsu hanya ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar tanpa memperhatikan akibat yang akan dialami oleh pembeli. Inilah problema pilihan sosial antara nafsu ingin keuntungan besar dengan merusak wajah para korban.

 

d.      Seorang pelajar mengalami problema pilihan sosial antara mencukupi kebutuhan perekonomiannya dengan menyerahkan kehormatan kepada lelaki hidung belang.

 

e.       Meskipun Ariel bersalah, tapi tetap saja OC Kaligis membelanya ini adalah problema pilihan sosial.

Image

 

Normal
0

false
false
false

IN
X-NONE
X-NONE

st1\:*{behavior:url(#ieooui) }

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin:0cm;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:10.0pt;
font-family:”Times New Roman”,”serif”;
mso-ansi-language:EN-US;
mso-fareast-language:EN-US;}
table.MsoTableGrid
{mso-style-name:”Table Grid”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-unhide:no;
border:solid windowtext 1.0pt;
mso-border-alt:solid windowtext .5pt;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-border-insideh:.5pt solid windowtext;
mso-border-insidev:.5pt solid windowtext;
mso-para-margin:0cm;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:10.0pt;
font-family:”Times New Roman”,”serif”;
mso-fareast-font-family:SimSun;
mso-ansi-language:EN-US;
mso-fareast-language:EN-US;}

S  i  l   a   b  u  s

 

Satuan Pendidikan    :   SMP Negeri  1 Jatisari – Karawang

                                                                                    Mata Pelajaran                      :    Ilmu Pengetahuan Sosial  ( IPS )

                                                                                    Kelas/ Semester         :    VIII (delapan) / 1 ( Ganjil )

                                                                                    Tahun Pelajaran     :   2010 / 2011

 

Standar Kompetensi :   1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk.

 

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Nilai Karakter

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

 

1.1    Mendeskrip-sikan kondisi fisik wilayah dan penduduk

 

 

 

·   Letak geografis Indonesia (posisi geografis dan letak geografis astronomis, dan geologis).

 

·   Kaitan letak geografis dengan iklim dan waktu di Indonesia.

 

 

·   Musim di Indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·   Persebaran flora dan fauna Indonesia dan kaitannya dengan pembagian wilayah  Wallacea dan Weber.

 

 

 

·   Persebaran jenis tanah di Indonesia.

 

 

 

·   Pemanfatan berbagai jenis tanah di Indonesia.

 

 

·   Mengamati peta tentang posisi geografis dan letak geografis astronomis, dan geologis  Indonesia.

 

·   Tanya jawab tentang kaitan letak geografis dengan iklim dan perbedaan waktu di Indonesia.

 

·   Mengkaji kaitan letak geografis dengan waktu dan perubahan musimdi Indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

·   Membuat peta persebaran flora dan fauna Indonesia.

 

 

 

 

 

·       Mengamati peta tentang persebaran jenis tanah di Indonesia.

 

 

·       Diskusi tentang pemanfaatan berbagai jenis tanah di Indonesia.

 

 

·   Mencari informasi dari sumber lain seperti peta atau buku atlas tentang letak (posisi geografis,  astronomi, dan geologi) Indonesia.

 

·   Memilah informasi yang betul tentang hubungan posisi geografis dengan perubahan dan perbedaan waktu  di Indonesia.

 

·   Memperhatikandan mencegah penyebab terjadinya perubahan musim dan menentukan bulan berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di wilayah Indonesia.

 

 

 

 

·   Menyajikan informasi persebaran flora dan fauna  tipe Asia, tipe Australia  serta kaitannya dengan pembagian wilayah Wallacea dan Weber.

 

·   Menyajikan dengan kreatif informasi pemanfatan berbagai jenis tanah di Indonesia.

 

 

 

 

 

·     Rasa ingin tahu

·     Kerja keras

·     Peduli lingkungan

·     kreatif

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

Penuga-san

 

 

 

 

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

 

 

 

Penuga-san

 

 

 

Penuga-san

 

Tes Uraian

 

 

 

 

Tes Uraian

 

 

 

 

Tes Uraian

 

 

 

Tugas rumah

 

 

 

 

 

 

 

Pilihan ganda

 

 

 

 

 

 

Tugas rumah

 

 

Proyek

 

 

1.Jelaskan letak  geografis wilayah Indonesia ?

 

 

 

2.Sebutkan letak  lintang dan bujur wilayah   Indonesia ?

 

 

 

3.Jelaskan kaitan posisi geografis dengan perubahan musim di Indonesia.

 

4.Buatlah peta pola angin muson di Indonesia !

 

 

 

 

 

 

5.Contoh fauna Asiatis antara lain ….

a.     kuskus dan cendrawasih

b.    badak dan harimau

c.     banteng dan komodo

d.    anoa dan babirusa

 

 

6.Buatlah daftar jenis tanah di Indonesia dan pemanfaatannya.

 

 

7.Buatlah daftar pemamfaatan berbagai  jenis tanah di Indonesia secara umum, dan pemamfaatan tanah di sekitar lingkungan tempat tinggalmu !

 

 

6 JP

 

Peta Indonesia Atlas

Peta pembagian wilayah waktu di Indonesia.

Peta angin muson di Indonesia.

 

 

 

Peta pemba-gian wilayah

flora dan fauna Indonesia.

 

Peta perseba-ran jenis tanah di Indonesia.

 

1.2    Mengiden-tifikasi permasala-han kependudukan dan upaya penanggulangannya

-     

o    Pertumbuhan penduduk.

 

 

 

 

 

 

 

o    Angka kelahiran dan angka kematian serta cara menghitungnya.

 

 

o    Faktor penunjang kelahiran dan kematian.

 

 

 

o    Kepadatan penduduk dan cara menghitungnya.

 

 

 

 

o    Piramida penduduk Indonesia.

 

 

 

o    Cara menghitung sex ratio dan beban ketergantungan.

 

 

 

 

o    Angka usia harapan hidup.

 

 

 

o    Ledakan penduduk dan upaya mengatasinya.

 

 

 

 

o    Membuat peta, tabel dan grafik kependudukan.

 

 

 

o    Jenis-jenis migrasi dan faktor penyebabnya.

 

 

o    Dampak positif dan negatif migrasi dan usaha penanggulangan dampak negatif migrasi.

 

 

·    Diskusi tentang faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk.

 

 

 

 

 

·    Tanya jawab tentang angka kelahiran dan kematian.

 

 

 

·    Diskusi tentang faktor penunjang dan penghambat kelahiran dan kematian.

 

 

·    Menghitung kepadatan penduduk dan mengamati peta dan  tabel kepadatan penduduk Indonesia.

 

 

·    Membuat macam-macam bentuk piramida penduduk.

 

 

 

·    Menghitung sex ratio dan beban ketergantungan.

 

 

 

 

·    Tanya jawab tentang usia harapan hidup.

 

 

·    Diskusi tentang dampak dan upaya penanggulang an ledakan penduduk.

 

 

 

·    Mengamati dan tanya jawab tentang tabel kependudukan.

 

 

·    Membuat grafik dan peta kependudukan.

 

 

·    Tanya jawab tentang jenis-jenis migrasi dan faktor penyebabnya.

 

·    Diskusi tentang dampak dan usaha penanggulangan migrasi.

 

 

·   Melakukan pengamatan terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk (kelahiran dan kematian dan migrasi). Serta upaya mengatasi pertumbuhan penduduk yang tinggi.

 

·   Mencari dari sumber buku lain tantang arti dan ukuran angka kelahiran dan angka kematian.

 

 

·   Melakukan pengamatan terhadap faktor-faktor pendorong dan penghambat kelahiran dan kematian.

 

·   Membandingkan tingkat kepadatan penduduk tiap-tiap propinsi dan pulau di Indonesia

 

 

·   Mendeskripsikan kondisi penduduk Indonesia berdasarkan piramida penduduknya.

 

·   Menghitung angka perbandingan laki-laki perempuan (sex ratio) dan beban ketergantungan, serta mengartikan angka tersebut.

 

·   Mengartikan angka Usia Harapan Hidup.

 

 

·   Mendeskripsikan berbagai dampak ledakan penduduk dan upaya mengatasinya.

 

 

 

·   Menyajikan informasi kependudukan dalam bentuk peta, tabel, dan grafik.

 

 

·       Mengidentifikasi jenis-jenis migrasi dan faktor penyebabnya.

 

·       Melakjukan tindakan pencegahan terhadap dampak negatif migrasi serta usaha penanggulangannya.

 

·   Mengkomunikasikan dengan benar berbagai usaha pemerintah dalam penanggulangan migrasi

 

 

 

  Rasa ingin tahu

 

  Kreatif

 

  Jujur

 

Perduli     lingkungan

 

Tes tulis

 

 

 

 

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

 

Tes unjuk kerja

 

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

 

Te s tertulis

 

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

 

 

Tes unjuk kerja

 

 

 

penugan-san

 

 

Tes tulis

 

 

 

Tes tulis

 

Tes Uraian

 

 

 

 

 

 

 

Tes Uraian

 

 

 

 

Tes Uraian

 

 

 

 

Uji petik kerja produk

 

 

 

 

Tes Uraian

 

 

 

 

Tes Uraian

 

 

 

 

 

Tes Uraian

 

 

 

Tes Uraian

 

 

 

 

 

Produk

 

 

 

 

Proyek

 

 

 

Tes Uraian

 

 

 

Tes Uraian

 

1.Sebutkah 3 faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk alami !

 

 

 

 

 

2.Angka kelahiran suatu daerah adalah 34. apa artinya ?

 

 

 

3.Sebutkat 4 faktor penunjang kelahiran !

 

 

 

4.Buatlah peta kepadatan penduduk antar propinsi di Indonesia !

 

 

 

5.Jelaskan ciri-ciri piramida penduduk limas dan granat! !

 

 

 

6.Jika di suatu daerah jumlah penduduk laki-laki 100 dan jumlah penduduk perempuan 120, berapakah sex rationya ?

 

 

7.Angka Usia Harapan Hidup suatu negara adalah 65. Apa artinya ?

 

8.Jelaskan upaya mengatasi ledakan penduduk !

 

 

 

 

9.Buatlah grafik perkembangan jumlah penduduk di daerahmu pada tahun 2000 -2005 !pada lima tahun terakhir !

 

10.    Carilah data penduduk yang datang dan yang pergi di wilayah Rt mu dari tahun 2000 – 2005.di daerahmu setiap bulan selama satu tahun !

 

11.    Jelaskan dampak negatif urbanisasi bagi daerah tujuan!

 

 

8 JP

 

Peta Indonesia

Atlas

Peta perseba-ran penduduk  di Indonesia.

 

Gambar-gambar yang relevan.

LKS

Buku Geografi yang relevan.

 

 

1.3    Mendeskrip-sikan permasa-

lahan lingkungan hidup dan upaya penang gulangan-nya dalam pembangunan berkelan-jutan

 

·    

·         Lingkungan hidup dan pelestariannya : Unsur-unsur lingkungan abiotik, iotik, dan sosial budaya.

 

·         Arti penting lingkungan bagi kehidupan.

 

 

·         Bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya.

 

 

 

 

o   Usaha pelestarian lingkungan hidup

 

 

 

o   Hakekat pembangunan berkelanjutan.

 

 

 

o   Ciri-ciri pembangunan berkelanjutan.

 

 

 

o   Penerapan pembangunan berkelanjutan di wilayah sekitar.

·    

·     Tanya jawab tentang lingkungan hidup dan unsur-unsurnya.

 

 

·     Tanya jawab tentang arti penting lingkungan bagi kehidupan.

 

·     Diskusi tentang kerusakan lingkungan hidup dan faktor-faktor penyebabnya.

 

 

 

 

·     Diskusi tentang usaha pelestarian lingkungan hidup.

 

 

·     Membaca buku sumber tentang hakekat pembangunan yang berkelanjutan.

 

·     Membaca buku sumber tentang ciri-ciri pembangunan berkelanjutan.

 

·     Mengamati usaha pembangunan berkelanjutan di wilayah sekitarnya.

 

 

 

·   Mampu dengan kreatif menyusun unsur-unsur lingkungan (unsur abiotik, unsur biotik, sosial budaya)

 

·   Menyimpulkan dengan benar arti penting lingkungan bagi kehidupan.

 

 

·   Melakukan pencegahan sedini mungkin bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya.

 

 

 

·   Memberi contoh yang baik dalam kehidupan sehari-hari dalam melakukan usaha pelestarian lingkungan hidup.

 

 

·   Mencari data tentang hakekat pembangunan berkelanjutan.

 

 

·   Menunjukkan  ciri-ciri pembangunan berkelanjutan dan penerapannya.

 

 

 

 

kreatif

 

jujur

 

perduli lingkungan

 

disiplin

 

kerja keras

 

Tes  lisan

 

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

Tes unjuk kerja

 

 

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

 

Observasi

· 

·     Daftar pertanyaan

 

 

 

Tes Uraian

 

 

 

Produk

 

 

 

 

 

 

Tes Uraian

 

 

 

 

Tes Uraian

 

 

 

 

Uraiakan

 

 

 

 

Panduan observasi.

·    

1.Sebutkan 3 unsur lingkungan hidup.

 

2.Jelaskan manfaat hutan bagi kehidupan !

 

3.Buatlah kliping berupa gambar atau baerita dari media cetak masing-masing 5 buah tentang keruskan lingkungan alam yang disebabkan oleh : alam dan manusia.

 

 

 

 

4.Berilah 3 contoh usaha untuk melestarikan lingkungan hidup di daerahmu ! daerah aliran sungai !

 

5.Jelaskan yang dimaksud dengan pembangunan berkelanjutan.

 

6.Sebutkan 4 ciri pembangunan berkelanjutan.

 

7.Amatilah wilayah sekitar kamu dan buatlah laporan tentang penerapan pembangunan berkelanjutan tersebut !

 

 

 

 

 

8  JP

 

 

1.4    Mendeskrip-sikan permasalahan kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan

·    

·       Permasalahan penduduk Indonesia (kuantitas dan kualitas).

                                       

·       Dampak dari permasalahan penduduk terhadap pembangunan.

 

 

 

·    Diskusi tentang permasalahan penduduk (kuantitas dan kualitas).

 

·    Mencari berita/artikel tentang dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan.

 

 

 

·       Mencari data dari sumber-sumber lain tentang permasalahan kuantitas penduduk (kuantitas dan kualitas).

 

·       Memilah perbedaan dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan.

 

 

Rasa ingin tahu

 

kreatif

 

Tes tulis

 

 

 

Tes tulis

 

Tes Uraian

 

 

 

Tes Uraian

 

1.Sebutkan t iga permasalahan utama bidang kependudukan di Indonesia.

 

2.Jelaskan pengaruh  kepadatan penduduk yang tidak merata bagi pembangunan di daerah yang jarang penduduknya.

 

 

4 JP

 

Standar Kompetensi : 2. Memahami proses kebangkitan nasional.

 

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Nilai Karakter

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

 Instrumen

Contoh

Instrumen

 

2.1    Menjelas-kan proses perkembangan kolonialisme dan imperalisme Barat, serta pengaruh yang ditimbulkannya di berbagai daerah

 

 

 

·   Kebijakan-kebijakan pemerintah, colonial

 

 

·   Pengaruh  yang ditimbulkan oleh kebijakan –kebijakan pemerintah kolonial di berbagai daerah 

 

 

·   Bentuk –bentuk perlawanan rakyat dalam menentang kolonialisme Barat diberbagai daerah

 

 

·   Daerah-daerah persebaran agama Nasrani

 

 

 

·Membaca referensi tentang contoh kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial

·Menelaah pengaruh   yang ditimbulkan oleh kebijakan- kebijakan pemerintah kolonial di berbagai daerah dengan diskusi kelompok

·Menelaah bentuk-bentuk perlawanan rakyat dalam menentang kolonialisme Barat di berbagai daerah dengan membaca referensi dan mengamati gambar

·Membaca dan membuat peta daerah-daerah persebaran agama Kristiani

 

·   Mendapatkan informasi  kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial dan pengaruh yang ditiimbulkannya di berbagai daerah  

 

 

·   Merasa bangga atas bentuk-bentuk perlawanan rakyat dalam menentang kolonialisme barat diberbagi daerah

 

 

·   Menginformasikan dengan baik daerah-daerah persebaran agama Kristiani

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·     Gemar membaca

·     Semangat kebangsaan

·     jujur

 

Tes tulis

 

 

 

 

 

Tes tertlis

 

 

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

 

 

 

Tes Tulis

 

 

 

Tes Uraian

 

 

 

 

 

Tes Uraian

 

 

 

 

 

Tes pilihan ganda

 

 

 

 

 

Tes Uraian

 

1.Uraikan kebijakan yang dikeluarkan pada masa pemerintahan Daendels, Raffles, Sistem Tanam Paksadan sistem Liberalisme

2.Jelaskan pengaruh yang ditimbulkan olh kebijakan –kebijakan pemerintah kolonial Belanda diberbagai daerah

3.Penyebab perang Banjar ialah ..

a.  perebutan kekuasaan di istana

b.Belanda campur tangan urusan istana

c.  Belanda merebut pertambangan batubara

d.Belanda menduduki Banjarmasin

4.Sebutkan daerah-daerah yang dipengaruhi agama Kristiani di Indonesia

 

 

6 JP

 

Buku sumber

 yang relevan

 

Atlas sejarah

 

Foto dan gambar

 

Musium

 

Masyarakat

 

2.2.Mengurai-kan proses terbentuk-nya kesadaran na sional, identitas Indonesia , dan perkem-bangan pergerakan kebangsaan Indonesia

 

 

 

·   Perkembangan pendidikan Barat dan perkembangan pendidikan Islam terhadap munculnya nasionalisme Indonesia

 

 

·   Peranan golongan terpelajar ,profesional dan pers dalam menumbuh kembangkan kesadaran nasional Indonesia

 

 

·   Perkembangan pergerakan nasional dari yang bersifat etnik ,kedaerahan ,keagamaan sampai terbentuknya nasinalisme Indonesia

 

 

·   Peran manifesto politik 1925 ,Konggres Pemuda 1928 dan Konggres Perempuan Pertama dalam proses pembentukan identitas kebangsaan Indonesia

 

·   Membaca buku referensi tentang perkembangan pendidikan Barat dan perkembangan pendidikan Islam terhadap munculnya nasionalisme Indonesia

 

 

·   Mensurvei peranan  golongan terpelajar ,profesional dan pers dalam mengembangkan wilayah dan lingkungannya kemudian membandingkan dengan peranan golongan terpelaja, profesional dan pers pada masa pergerakan nasional

 

 

 

 

·   Membaca buku referensi tentang perkembangan pergerakan nasional dari yang bersifat etnik ,kedaerahan ,keagamaan sampai terbentuknya nasionalisme Indonesia

 

·   Menelaah peran manifesto politik 1928,dan Konggres Pemuda 1928,dan Konggres Perempuan Pertama dalam proses pembentukan identitas kebangsaan Indonesia dengan membaca buku referensi dan mengamati gambar

 

 

 

·   Menunjukan dengan benar pengaruh perluasan kekuasaan kolonial , perkembangan pendidikan Barat ,dan perkembangan pendidikan islam terhadap munculnya nasionalisme Indonesia

 

·   Melakukan pengamatan terhadap peranan golongan terpelajar ,profesional ,dan pers dalam menumbuh kembangkan kesadaran  nasional  Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·   Menunjukan sikap bangga atas perkembangan  pergerakan nasional dari yang bersifat etnik, kedaerahan , keagamaan sampai terbentuknya nasionalisme Indonesia

 

·   Menunjukan apresiasi terhadap peran manifesto politik 1925, Konggres Pemuda 1928, dan Konggres Perempuan Pertama dalam proses pembentukan identitas kebangsaan Indonesia

 

 

 

  Kritis

 

  Kreatif

 

  Semangat kebangsaan

 

  Menghargai prestasi

 

 

Tes tulis

 

 

 

 

 

 

 

Penuga-san

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

 

 

 

 

Portofolio

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tes pilihan ganda

 

 

 

 

 

 

Tugas proyek

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tes Uraian

 

 

 

 

 

 

 

Dokumen pekerjaan

 

 

5.Pengaruh pendidikan Barat terhadapbangsa Indonesia ialah….

a. melahirkan golongan terpelajar

b. melahirkan tokoh politik

c. memunculkan ahli ekonomi

d. munculnya golongan anti Belanda

 

6.Lakukan Buatlah kesimpulan hasil survei di lingkunganmu tentang peranan golongan terpelajar , profesional dan pers dalam pengembangan wilayah dan lingkunganmu kemudian

membandingkan peranan yang sama pada masa pergerakan nasional

 

 

 

 

 

 

7.Sebutkan 3 contoh masing-masing tentang contoh –contoh organisasi kebangsaan yang bersifat etnik ,kedaerahan dan keagamaan

 

8.Kumpulkan gambar dari referensi , sumber-sumber yang relefan atau kunjungan musium atau monumen tentang Konggres Pemuda 1928,Konggres Perempuan Pertama dan buatlah rangkuman sebagai laporan

8 JP

 

Standar Kompetensi : 3. Memahami masalah penyimpangan sosial.

 

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Nilai Karakter

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

 Instrumen

Contoh

Instrumen

 

3.1    Mengiden-tifikasi berbagai penyakit sosial (miras, judi, narkoba, HIV/Aids, PSK, dan sebagainya) sebagai akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyaraka

 

·   Pengertian penyimpangan sosial.

 

 

·   Bentuk-bentuk penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.

 

·   Contoh penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.

 

 

·   Membaca kasus penyimpa-ngan sosial di masyarakat dari media cetak.

 

·   Mengamati bentuk-bentuk penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.

 

·   Mencari contoh bentuk-bentuk penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.

 

 

·   Melakukan pengamatan terhadap kejadian penyimpangan sosial yang terjadi dalam keluarga dan masyarakat.

 

·   Memilah perbedaan yang terjadi dari bentuk-bentuk penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.

 

·   Menunjukan sikap menghindari penyimpangan sosial yang terjadi dalam keluarga dan masyarakat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·     kreatif

·     kritis

·     perduli sosial

 

 

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

Tugas

 

 

 

 

Tes Uraian

 

 

 

Tes Uraian

 

 

 

Tes Uraian

 

 

 

Tugas rumah

 

1.Jelaskan pengertian penyimpangan sosial !

 

2.Berikan 3 contoh penyimpangan sosial yang terjadi dalam keluarga!

 

3.Sebutkan 4 bentuk penyimpangan sosial yang terjadi dalam keluarga dan masyarakat.

 

4.Mencari contoh-contoh penyimpangan sosial yang terjadi dalam keluarga dan masyarakat.

 

4JP

 

 

Gambar-gambar perilaku penyimpangan sosial.

 

LKS

 

VCD

 

Buku yang relevan.

 

 

 

3.2    Mengiden-tifikasi berbagai usaha pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat

 

 

 

·   Akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.

 

 

·   Faktor-faktor  penyebab terjadinya penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat

 

·   Upaya-upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.

 

 

·   Pihak-pihak yang menangani penyimpangan sosial

 

 

 

·   Diskusi tentang akibat dari penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.

 

 

·   Mengkaji faktor-faktor penyebab terjadinya penyimpangan sosial.

 

 

·   Diskusi tentang upaya-upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.

 

·   Tanya jawab tentang pihak-pihak yang menangani penyimpangan sosial

 

·  Menunjukkan kesadaran akan dampak negatif dari penyakit sosial(miras,narkoba,judi,seks bebas,PSK,dll)akibat penyimpangan sosial di keluarga dan masyarakat

 

 

·  Menunjukkan kewaspadaan dan menjauhi perilaku yang cenderung mengarah ke bentuk patologi sosial yang ada di lingkungan sekitar

 

 

·  Menunjukan sikap menghindari perilaku yang mengandung penyakit sosial dan merugikan diri sendiri dan meresahkan masyarakat

 

 

 

·  Mencari informasi tentang upaya-upaya menanggulangi dan mencegah penyakit sosial yang diakibatkan oleh perilaku menyimpang dari berbagai sumber.

 

Kritis

Disiplin

Peduli sosial

Rasa ingin tahu

 

Penuga-san

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

 

Tes tulis

 

Tugas rumah

 

 

 

Tes Uraian

 

 

 

 

Tes Uraian

 

 

 

 

Tes Uraian

 

1.Mengumpulkan informasi tentang akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.

 

2.Jelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya penyimpangan sosial!

 

 

 

3.Sebutkan 3 upaya-upaya untuk mencegah penyimpangan sosial!

 

 

4.Sebutkan 3 pihak yang bertanggung jawab menangani masalah penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat !

 

6 JP

 

Gambar-gambar perilaku penyimpangan sosial.

 

LKS

 

CD

 

Buku yang relevan.

 

 

 

 

Standar Kompetensi :  4. Memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat

 

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Nilai Karakter

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

 Instrumen

Contoh

Instrumen

 

4.1.  Mendeskrip -

sikan hubungan antara kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas

 

·   Kelangkaan sumber daya ekonomi

 

·   Usaha-usaha manusia untuk dalam mengatasi kelangkaan dalam  memanfaatkan sumber daya yang langka.

 

 

 

 

 

 

 

·   Kebutuhan manusia yang tidak terbatas

 

 

 

 

 

 

 

 

·   Faktor-faktor penyebab kebutuhan manusia beraneka ragam

 

·   Menentukan skala prioritas dari berbagai jenis kebutuhan

 

 

 

·   Penger tiandan macam- macam alat pemenuhan  kebutuhan

 

 

·   Mendiskusikan pengertian, Faktor-faktor  penyebab, dan cara  mengatasi kelangkaan

    arti kelangkaan dan faktor-

aktor   penyebab terjadinya kelangkaan serta cara  mengatasinya

 

·   Mendiskusikan Usaha-usaha manusia dalam mengatasi kelangkaan memanfaatkan sumber daya yang langka.

 

 

 

 

·   Mendiskusikan  tentang  pengertian  dan  macam-macam kebutuhan manusia dan faktor-faktor yang mentukan kebutuhan manusia

 

 

 

 

·   Mendiskusikan faktor-faktor penyebab kebutuhan manusia beraneka ragam

 

 

 

·   Tanya jawab tentang penenuan skala prioritas dari berbagai kebutuhan manusia beraneka ragam

·   Mendiskusikan  tentang  pengertian macam-macam kebutuhan   manusia dan faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia dan macam- macam alat pemenuhan  kebutuhan

 

 

·  Mencari contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari   faktor-faktor penyebab, dan cara mengatasi arti   kelangkaan dan  faktor-faktor penyebab terjadinya kelangkaan

 

 

 

 

·  Mencari informasi dari sumber-sumber lain usaha-usaha manusia untuk mengatasi kelangkaan dalam memanfaatkan sumber daya yang langka dalam mengatasi kelangkaan memanfaatkan sumber daya yang langka untuk berbagai alternatif dalam me menuhi kebutuhan

 

 

·   Mengurutkan dengan benar faktor-faktor penyebab kebutuhan manusia beranekaragam

 

·   Menunjukan melalui sikap membiasakan diri dalam kehidupan sehari-hari dengan cara menyusun skala prioritas

 

kebutuhan manusia padaumumnya

 

·   Dapat menyusun macam-macam  alat pemenuhan kebutuhan

 

 

·     Rasa ingin tahu

·     kreatif

·     jujur

·     disiplin

·     mandiri

 

Tes tulis

 

 

 

 

 

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tes Lisan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

Penugasan

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

 

 

 

 

 

Tes Uraian

 

 

 

 

 

 

 

 

Tes pilihan ganda

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Daftar pertanyaan

 

 

 

 

 

 

 

 

Tes uraian

 

 

 

Pekerjaan Rumah

 

 

Tes uraian

 

 

 

 

 

 

1. Jelaskan arti  pengertian

    kelangkaan

 

2.Sebutkan faktor-faktor penyebab ter jadinya kelangkaan

 

3.Jelaskan 4 macam cara mengatasi kelangkaan

 

 

 

 

4.Salah satu pernyataan berikut

   bukan contoh penyebab

   kelangkaan sumber

   daya alam sebagai akibat dari

   ulah manusia  … .

a.  gunung meletus

b.  bencana banjir

c.  kebakaran hutan

d.  arus pendek listrik

 

5.Makanan, pakaian dan tempat tinggal termasuk kebutuhan …

a.  kebutuhan primer

b.  Kebiutuhan skunder

c.  kebituan tambahan

d.  kebutuhan tersier

 

 

 

 

6.       Jelaskan pengertian kebutuhan !

 

7.       Sebutkan 4 macam contoh kebutuhan yang kamu ketahui!

 

 

8.       Apa arti kebutuhan ? Berikan contoh kebutuhan yang kamu ketahui !

 

9.       Sebutkan faktor-faktor yang menyebabkan kebutuhan manusia bermacam ragam.

 

10.    Apakah pengertian skala prioritas kebutuhan , berikan contohnya!

 

 

6 JP

 

Guru IPS

Ekonomi

 

Buku Materi

     Lingkungan 

sekolah

 

Keluarga

 

Lingkungan

masyarakat

   

 

 

Foto/gambar  /buku perpus takaan yang berhubu-ngan dengan sumberdaya alam dan sumber daya

 

 

 

 

 

 

 

 

4.2.Mendistri-busikan pelaku ekonomi : rumah tangga, masyarakat,

 

 

perusahaan, koperasi, dan negara

 

 

·   Pelaku Ekonomi

 

 

 

·   Peranan dan tujuan tiga sektor usaha formal

 

 

 

 

 

 

 

·   Pokok-pokok koperasi Indonesia

 

 

 

 

 

·   Pendirian usaha koperasi

 

 

 

 

 

 

·   Tata cara mendirikan koperasi

 

·   Membaca referensi dan   mendis-kusikan Pelaku Ekonomi

 

·   Mendiskusikan peranan dan tujuan Tiga

 

 

sektor usaha formal

 

 

 

 

 

 

·   Mengidentifikasi perkoperasian Indonesia

 

 

 

 

·   Mengidentifikasi tentang usaha

koperasi

 

 

 

 

 

·   Simulasi tatacara berdirinya koperasi

 

 

 

 

·   Mendapatkan informasi dari kegiatan membaca mengenai pelaku ekonomi utama dalam perekonomian

Indonesia

 

·   Menggali informasi tentang peranan      dan tujuan  keberadaan 3 sektor usaha formal (BUMN, BUMS dan

   Koperasi )

 

·   Mencari dari sumber-sumber lain pokok-pokok perkoperasian di Indonesia (pengertian, landasaan, azas, sejarah, keanggotaannya, sumber modal, prinsip-prinsip)

 

·   Menceritakan pengalaman tentang perbedaan antara jenis koperasi produksi dengan koperasi konsumsi.

 

·   Mampu menampilkan simulasi dalam tata cara pendirian koperasi

 

  Gemar membaca

 

  Rasa ingin tahu

 

  Jujur

 

  disiplin

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

Tes Lisan

 

 

 

 

 

 

 

 

Penuga-san

 

 

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

 

 

 

Observasi

 

Tes Uraian

 

 

 

Daftar Pertanyaan

 

 

 

 

 

 

 

Tugas di rumah (PR)

 

 

 

 

 

Tes Uraian

 

 

 

 

 

 

Lembar observasi

 

1.Sebutkan siapa saja pelaku ekonomi utama dalam perekonomian di Indonesia ?

 

2.Sebutkan tujuan BUMN didirikan

         oleh pemerintah

 

3.Apakah peranan koperasi bagi anggotanya?

 

 

 

 

4.Bedakan jenis koperasi konsumsi dan koperasi produksi

 

5.Coba amati cara-cara mendirikan koperasi, bagaimana langkah-langkah pendiriannya ?

 

 

6 JP

 

 

4.3. Mengiden-tifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi  masyarakat

 

 

·   Pengertian, fungsi, dan peranan pasar bagi masyarakat.

 

 

·   Syarat-syarat terjadinya pasar

 

 

 

 

 

 

·   Macam-macam pasar dan contoh-contohnya

 

 

·   Perbedaan  pasar konkrit dan pasar abstrak

 

 

·   Demonstrasi jual beli di pasar

 

 

 

·   Menganalisis pengertian pasar, Fungsi pasar, dan Peranan pasar bagi masyarakat

 

·   Mengidentifikasi tentang  syarat -syarat  terjadinya pasar.

 

 

 

 

·   Mendiskusikan macam-macam pasar, dan contoh pasar

 

·   Membedakan pasar kongkrit dan pasar abstrak

 

 

 

·   Melakukan demonstrasi dan observasi tentang

 

jualbeli / tawar menawar di pasar

 

·   Menemukan contoh dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan rumah maupun di masyarakat adanya hubungan antara kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas

 

 

·   Menunjukan melalui sikap membiasakan diri dalam kehidupan sehari-hari membuat skala prioritas kebutuhan untuk mengatasi keterbatasan kemampuan memenuhinya

 

·   Menceritakan pengalaman tentang perbedaan yang

 

 dirasakan belanja di pasar modern dengan pasar tradisional sesuai dengan kenyataan

 

 

 

 

  Rasa ingin tahu

  Kreatif

  jujur

 

Tes tulis

 

 

 

 

Tes Lisan

 

 

 

 

 

 

Penuga-san

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

Observasi

 

 

 

 

Tes pilihan ganda

 

 

 

Lembar pertanyaan

 

 

 

 

 

Tes Uraian

 

 

 

Tes Uraian

 

 

 

Lembar observasi

 

 

1.Berikut ini yang bukan fungsi pasar, adalah pasar sebagai sarana ..

 a. distribusi      c. promosi

 b. produksi      d. pembentuk harga

 

2.   Sebutkan 4 syarat terjadinya pasar !

 

 

 

3.Sebutkan macam-macam pasar menurut waktunya pelaksanaannya

 

4.Jelaskan ciri-ciri pasar konkrit dan pasar abstrak

 

5.Lakukan pengamatan kegiatan jual beli di pasar, bandingkan apa sebabnya dilihat dari sisi bagaimana harga barang yang laku dan yang tidak laku ?

 

6 JP

 

Guru

Buku Materi

Koperasi/    kantin sekolah

Pasar

Jurnal  Kegi- atan di    pasar bursa  melalui

tayangan

 

di media  

cetak/ 

elektronik

Swalayan

PKL /Asongan

Koran

                                                                                                                                                                                                                                                        

 

 

 

 

 

Mengetahui :

Kepala Sekolah,

 

 

 

 

 

H.MANSUR ,S.Pd.

NIP.19540225 197803 1 001

 

Jatisari,        Juli  2010

 

Guru Mata Pelajaran IPS,

 

 

 

 

 

OKA NAZULAH S, S.Pd.

NIP. 19731014 199903  2 003

 

 

 

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               

                                                   

 

 

 

                                                                                                                                                           

                                                                                                           

 

 

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: