RPP, kelas VII/2

Published Mei 14, 2012 by purplenitadyah

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama sekolah              : SMPN………

Mata pelajaran             : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas / semester          : VII / genap

Alokasi waktu             : 4 jam pelajaran (2X pertemuan)

 

  1. A.    Standar Kompetensi

6. Memahami Kegiatan Ekonomi Masyarakat.

B.  Kompetensi Dasar

6.1. Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk, penggunaan Lahan, dan pola pemukiman berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi.

C. Indikator

6.1.1. Mengidentifikasi aktivitas pertanian dan Non pertanian.

6.1.2. Menganalisis bentuk Penggunaan Lahan.

6.1.3. Membandingkan pola pemukiman penduduk.

 

D. Tujuan Pembelajaran.

Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat:

6.1.1.1. Menganalisis aktivitas pertanian dan Non pertanian.

6.1.2.2. Mengidentifikasi bentuk permukaan perkebunan.

6.1.3.3. Mengidentifikasi bentuk kegiatan pertanian lahan basah.

6.1.4.4. Mengidentifikasi bentuk kegiatan pertanian lahan kering.

6.1.5.5.  Mengelompokkan kegiatan-kegiatan industri.

6.1.6.6. Membandingkan kegiatan perdagangan berdasarkan letak geografisnya.

6.1.7.7. Menganalisis penggunaan lahan dipedesaan.

6.1.8.8. Menganalisis penggunaan lahan diperkotaan

6.1.9.9. Menganalisis pola pemukiman linear (memanjang), pola memusat, dan pola terpencar.

E. Materi pokok

1. Aktivitas pertanian dan Non pertanian.

2. Bentuk kegiatan pertanian

a. pertanian lahan kering

b. pertanian lahan basah

c. lahan perkebunan

3. Aktivitas Non Pertanian

a. industri

b. perdagangan

c. komunikasi

d. transportasi

e. perdagangan

4. Bentuk penggunaan lahan

a. penggunaan lahan dipedesaan

b. penggunaan lahan diperkotaan

5. Pola pemukiman penduduk

a. pola pemukiman linear (memanjang)

b. pola pemukiman memusat

c. pola pemukiman terpencar

F. Metode Pembelajaran

  1. Ceramah bervariasi
  2. Diskusi
  3. Inquiry
  4. Tanya jawab
  5. Simulasi
  6. Observasi / pengamatan

 

G. Langkah- Langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1.

Pendahuluan

  1. Apersepsi

Sebelum kegiatan pembelajaran di mulai guru dan siswa berdoa bersama sesuai dengan kepercayaan dan agama masing-masing, kemudian guru melakukan pengulangan materi minggu lalu.

  • Motivasi:

Identifikasilah jenis-jenis kegiatan  industri  yang terdapat di sekitar rumah mu?

Alokasi waktu 10 menit.

  1. 2.      Kegiatan Inti.
  • Explorasi:

a)      Siswa di bagi keda;am 5 kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4 orang anggota atau lebih.

b)      Setiap kelompok di berikan tugas untuk mengamati aktivitas non pertanian.

  • Kelompok 1 : temanya tentang perindustrian
  • Kelompok 2 : temanya tentang perdagangan
  • Kelompok 3 : temanya tentang komunikasi
  • Kelompok 4 : temanya tentang transportasi
  • Kelompok 5 : temanya tentang pertambangan.

 

  • Ø Elaborasi .
  • Siswa mempresentasikan hasil pengamatan kelompoknya didepan kelas dan diberi kesempatan untuk melakukan tanya jawab.
  • Kemudian guru memberikan penjelasan tentang Aktivitas pertanian dan Non pertanian dari hasil pelaksanaan diskusi dan presentasi.
  • Guru memberikan kesempatan  kepada siswa untuk mengacungkan tangan dan bertanya mengenai materi yang belum di pahami.

Alokasi waktu 50 menit.

 

  • Ø Penutup

Konfirmasi

  • Penilaian

Guru memberikan penilaian kepada siswa selama proses pembelajaran berlangsung.

  • Refleksi
    • Siswa dengan bimbingan guru melakukan refleksi terhadap materi pembel;ajarn yang telah dipelajari.
    • Guru senantiasa memberikan apersepsi kepada seluruh siswa agar termotivasi.
    • Guru selalu memberikan tugas terstuktur, untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi.
    • Guru melakukan rencana tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedial dan program pengayaan sesuai dengan nilai tes atau hasil belajar siswa.

Pertemuan 2.

  1. 1.      Pendahuluan

Apersepsi.

Sebelum kegiatan pembelajaran di mulai guru dan siswa berdoa bersama sesuai dengan kepercayaan dan agama masing-masing, kemudian guru melakukan pengulangan materi minggu lalu tentang Aktivitas Non pertanian dan contoh aktivitas kegiatan ekonomi.

  1. 2.      Kegiatan inti
  • Eksplorasi
    • Siswa diminta untuk mengklasifikasikan bentuk peggunaan lahan diperkotaan dan penggunaan lahan di perdesaan..
    • Siswa mengidentifikasi bentuk penggunaan lahan yang dipengaruhi oleh kualitas kesuburan tanah.
    • Siswa diminta untuk menganalisis penggunaan lahan di perkotaan yang bersifat Non agraris.
    • Elaborasi

Siswa kemudian mendiskusikan hasil pengamatan yang telah dilakukan tentang penggunaan lahan diperkotaan dan penggunaan lahan di perdesaan.

Alokasi waktu 50 menit.

 

  1. Penutup

Konfirmasi

  • Penilaian

Guru memberikan penilaian kepada siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Seperti memberikan penghargaan kepada siswa yang bertanya dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru.

  • Refleksi

Guru memberikan tugas trstruktur mengenai materi yang telah di bahas.

Alokasi waktu 20 menit.

 

 

H. Sumber dan Alat Belajar

a. Guru IPS

b. Gambar dan Video sesuai dengan Kompetensi Dasar

c. Buku IPS yang relevan

d. Pengamatan Lingkungan sekitar

 

  1. I.                   PENILAIAN
    1. Tes tulis
    2. Tes lisan
    3. Rubrik penilaian diskusi

 

 

 

LEMBAR PENGAMATAN DISKUSI

No

Nama siswa

Aspek yang Diamati

Jumlah nilai

inisiatif

keaktifan

kejasama

presentasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

*Nilai maksimal tiap aspek 25 (25×4 = 100)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: