SOFTWARE PEMBELAJARAN

Published Mei 14, 2012 by purplenitadyah

BAB I

PENDAHULUAN

  1. A.    Latar Belakang

Dewasa ini perkembangan dan kemajuaan teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang dengan sangat pesat. Berbagai kemudahan memperoleh informasi dari berbagai penjuru dunia dapat kita nikmati dalam hitungan detik. Pada saat             ” Zaman Batu ” teknologi informasi dan komunikasi dianggap sebagai sesuatu yang tidak mungkin, kini telah menjadi kenyataan. Dengan teknologi yang luas ini kita harus dapat memanfaatkannya.

Diantara teknologi informasi yang hampir disetiap tempat kita temukan adalah computer. Sekarang komputer sangat berkembang pesat hampir setiap tahun computer selalu mengalami perkembangan.Orang bisa menggunakan komputer dimana saja dirumah, dikafe, disekolah, dan ditempat lainnya. Sedangkan model dan design dari komputer itu sendiri juga mengalami perkembangan. Dulu apabila orang ingin menggunakan komputer maka hanya bias dikantor atau dirumah, kalau sekarang mereka biasa menggunakan komputer tersebut dimana saja yang mereka inginkan.

Software yang kita gunakan sekarang ini tidak serta merta muncul begitu saja melainkan melalui proses yang panjang dalam evolusinya. Hal ihwal munculnya komputer mungkin dapat dilihat dalam kilas balik sejarah sejak digunakannya Abacus ditemukan di Babilonia (Irak) sekitar 5000 tahun yang lalu sebagai alat perhitungan manual yang pertama, baik di lingkup sekolah maupun kalangan pedagang, saat itu. Pada periode selanjutnya telah banyak ditemukan alat-alat hitung mekanikal sejenis yaitu Pascaline yang ditemukan oleh Blaine Pascal pada tahun 1642, Arithometer oleh Charles Xavier Thomas de Colmar pada tahun 1820, Babbage’s Folly oleh Charles Babbage pada tahun 1822, dan Hollerith oleh Herman Hollerith pada tahun 1889.

Kesemuanya masih berbentuk mesin sepenuhnya tanpa tenaga listrik. Ukuran dan kerumitan strukturnya berdasarkan atas tingkat pengoperasian perhitungan yang dilakukan. Barulah pada tahun 1940, era baru komputer elektrik dimulai sejak ditemukannya komputer elektrik yang menerapkan sistem ajabar Boolean.

  1. B.     Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian di atas, kami merumuskan masalah yang dibahas sebagai berikut:

  1. Apa definisi dari software?
  2. Apakah   jenis software aplikasi?
  3. Apakah   tipe software aplikasi?
  4. Apa fungsi dari masing-masing jenis software ?
  5. Bagaimana aplikasi software untuk pendidikan?
  1. C.    Tujuan Penulisan

a)      Untuk mengetahui definisi dari software

b)      Untuk mengetahui jenis software aplikasi

c)      Untuk mengetahui tipe software aplikasi

d)     Umtuk mengetahui fungsi masing-masing jenis sofware

e)      Untuk mengetahui aolikasi sotfware untuk pendidikan.

  1. D.    Manfaat

Mengidentifikasi program-program yang ada di dalam software, menyiapkan aplikasi program agar tata kerja seluruh peralatan terkontrol, mengatur dan membuat pekerjaan lebih mudah, efektif dan efisien.

BAB II

PEMBAHASAN

  1. A.    Pengertian software

Software disebut dengan perangkat lunak, merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.

Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya. Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan logika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya. Pengolahan pada software ini melibatkan beberapa hal, diantaranya adalah sistem operasi, program, dan data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer.

Kebanyakan masyarakat saat ini membagi komputer menjadi dua bagian . Bagian pertama adalah hardware yang merupakan perangkat fisik yang ada di dalam komputer. Dan bagian yang kedua adalah software komputer, yang memberitahukan hardware mengenai apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya. Apabila diibaratkan bahwa komputer adalah makhluk hidup, maka hardware adalah tubuhnya seperti mata untuk melihat, paru-paru untuk bernapas dan bagian tubuh lainnya, sedangkan perangkat lunak atau software diibaratkan sebagai kepintarannya, seperti memproses gambar yang dilihat mata, memerintahkan tangan untuk mengangkat objek, dan memaksa tubuh untuk menarik nafas dengan menggunakan paru-paru.

Hardware Komputer, menjadi bagian dari mesin, dan hanya mengerti dua konsep dasar yaitu menyala (on) dan mati (off), konsep on dan off tersebut dinamakan binary. Software komputer dikembangkan agar binary dapat menjadi jalan untuk memberitahukan komputer hardware dalam melakukan tugasnya. Software Komputer menterjemahkan dan mengarahkan pengguna komputer agar mengerti mengenai apa yang dapat dilakukan oleh komputer hardware.

Sebagian besar dari software komputer dibuat oleh programmer dengan menggunakan bahasa pemrograman. Programer menuliskan perintah dalam bahasa pemrograman seperti layaknya bahasa yang digunakan oleh orang pada umumnya dalam melakukan perbincangan. Perintah-perintah tersebut dinamakan “Source Code”. Program komputer lainnya dinamakan Compiler yang digunakan pada source code, dan kemudian mengubah perintah tersebut ke bahasa yang dapat dimengerti oleh komputer. Dan hasilnya dinamakan program executable (EXE).

Software komputer dibagi menjadi dua kategori utama yaitu sistem software dan software aplikasi. Sistem software menyajikan program yang dapat mengijinkan hardware berjalan dengan semestinya. Software aplikasi menyediakan program yang mengijinkan pengguna untuk melakukan sesuatu disamping menjalankan hardware.

  1. B.     JENIS SOFTWARE

Secara tak sadar, ketika kita menggunakan komputer, sebenarnya kita telah menggunakan software. Software atau perangkat lunak adalah semua program yang digunakan untuk menjalankan komputer atau perangkat lainnya. Secara umum, ada dua jenis software. Pertama adalah software aplikasi. Software aplikasi adalah software yang dibuat untuk tujuan atau kepentingan spesifik, contohnya Notepad untuk teks editor, Winamp untuk memutar file audio, dan sebagainya. Kedua adalah software sistem. Software sistem adalah software yang menjadi tempat semua software aplikasi berjalan. Contohnya adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS, dan sebagainya. Software dapat dibedakan menjadi beberapa jenis:

  1. Software Retail

Jenis perangkat lunak dijual secara besar-besaran toko dalam ritel. Tipe ini termasuk mahal karena kemasan yang dirancang untuk menarik perhatian pembeli dan dengan demikian, umumnya lebih mahal. Sebuah keuntungan dari perangkat lunak ritel adalah bahwa ia dibundel dengan petunjuk manual dan instruksi instalasi yang tercetak, tergabung dalam bentuk hard-copy dari hampir setiap kategori perangkat lunak lainnya. Namun, jika hard-copy manual dan instruksi tidak diperlukan, versi download dari internet akan lebih murah, jika tersedia.

  1. Perangkat lunak OEM

OEM adalah singkatan dari “Original Equipment Manufacturer” dan mengacu pada perangkat lunak yang dijual dalam jumlah besar untuk reseller, dirancang untuk digabungkan dengan hardware. Sebagai contoh, Microsoft telah melakukan kontrak dengan beberapa perusahaan, termasuk Dell Komputer, Toshiba, Gateway dan lain-lain. Microsoft menjual sistem operasi sebagai perangkat lunak OEM dengan harga yang dikurangi, tidak dalam kemasan ritel, manual dan petunjuk instalasi. Reseller menginstal sistem operasi sebelum perangkat dijual dan CD OEM diberikan kepada pembeli. Fitur manual terdiri dari menu Help yang dibangun dalam perangkat lunak itu sendiri. perangkat lunak OEM tidak sah untuk dibeli selain yang dibundel dengan sistem perangkat keras aslinya.

  1. Shareware

Software ini dapat didownload dari Internet. Lisensi berbeda, namun pada umumnya pengguna diijinkan untuk mencoba program ini secara gratis, untuk jangka waktu yang ditetapkan dalam izin tersebut, biasanya tiga puluh hari. Pada akhir masa percobaan, perangkat lunak harus dibeli atau dihapus. Beberapa Shareware menggabungkan jam internal yang menonaktifkan program ini setelah masa percobaan kecuali sebuah nomor seri disediakan. Shareware diakhir “hidupnya” akan mendorong penggunanya untuk membeli program secara full version.

  1. Crippleware

Software ini mirip dengan shareware kecuali bahwa fitur utama akan berhenti bekerja setelah masa percobaan telah berakhir. Misalnya, fungsi save, fungsi print, atau beberapa fitur penting lainnya yang diperlukan untuk menggunakan program ini secara efektif dapat menjadi tidak berfungsi jika waktunya sudah lewat. Jenis lain dari crippleware menggabungkan fungsi cripple sepanjang masa percobaan. Pembelian diperlukan untuk membuka fitur cripple.

  1. Demo software

Perangkat lunak Demo tidak dimaksudkan untuk menjadi program berfungsi penuh, meskipun mungkin mengizinkan berfungsi parsial. Hal ini terutama dirancang untuk menunjukkan apa yang mampu melakukan, dan sering bekerja lebih mirip tutorial otomatis. Jika seseorang ingin menggunakan program ini, mereka harus membeli versi yang sepenuhnya berfungsi.

  1. Adware

Ini adalah perangkat lunak bebas yang didukung oleh iklan yang dibangun dalam program itu sendiri. Beberapa adware membutuhkan layanan internet menggunakan bandwidth live dan terus-menerus untuk meng-upload iklan baru. Pengguna harus melihat iklan tersebut pada interface program. Menonaktifkan iklan adalah bertentangan dengan perjanjian lisensi. Adware ini tidak terlalu populer dan cenderung dihindari karena sangat mengganggu.

  1. Spyware

Spyware adalah perangkat lunak yang biasanya gratis, tapi dapat juga berupa shareware. Ini berjalan secara sembunyi-sembunyi “mengunjungi Anda” dan mengirimkan data kembali ke pencipta spyware, artinya paling sering tanpa sepengetahuan pengguna. Sebagai contoh, pengguna multimedia player menjalankan musik dan file video dan perangkat lunak yang memainkan. Informasi ini dapat disimpan dengan tag identifikasi unik yang diasosiasikan dengan program khusus di komputer pengguna dalam pemetaan hubungan satu-ke-satu. Konsep spyware sangat tidak populer, dan banyak program yang menggunakan protokol spyware membocorkan protokol lisensi, dan membuat penerimaan fitur spyware sebagai kondisi perjanjian untuk menggunakan perangkat lunak.

  1. Freeware

Freeware juga download dari internet dan gratis. Seringkali freeware hanya gratis untuk penggunaan pribadi, sedangkan penggunaan komersial memerlukan lisensi berbayar. Freeware tidak mengandung spyware atau adware. Jika ditemukan mengandung salah satu dari ini, maka dicurigai sebagai virus.

  1. Public domain software

perangkat lunak bebas ini tidak seperti freeware, perangkat lunak domain publik tidak memiliki pemilik hak cipta atau batasan lisensi tertentu. Ini adalah perangkat lunak yang hanya dapat secara legal diubah oleh user untuk keperluan sendiri.

  1. C.    TIPE-TIPE SOFTWARE

Bagian selanjutnya yang harus disediakan di dalam kelas untuk kegiatan integrasi teknologi informasi (pemanfaatan TIK dalam pembelajaran) adalah aplikasi (software). Software menjadi begitu penting dalam sistem komputer karena software inilah yang mengendalikan perangkat keras (hardware) yang ada. Software menjadi antarmuka (interface) yang berhubungan langsung dengan penggunanya (guru dan siswa). Karena apa yang mereka lihat langsung dan mengaksesnya dari layar komputer adalah piranti lunak atau software. Tipe-tipe sofware dibedakan sebagai berikut:

Ada pula beberapa tipe software, diantaranya :

a)      Software Games

Jenis software ini termasuk dalam kategori entertainment atau hiburan, software ini memiliki berbagai macam jenis. Jenis-jenis tersebut seperti MMOs (Massive Multiplayer Online games), first-person shooters, action games, roleplaying games, and game petualangan.

b)      Software Driver

Program ini mengijinkan komputer untuk dapat berinteraksi dengan perangkat hardware tambahan seperti printer, scanner, dan video cards.

c)      Software Pendidikan

berbeda dengan jenis program sebelumnya, software pendidikan ini dapat mengajarkan apapun dari komputer, melakukan aktifitas yang berhubungan seperti mengetik atau berbagai macam jenis pendidikan lainnya seperti microsoft word. Microsoft powerpoint, program SPSS.

d)     Media player dan pengembangan software media lainnya.
Software yang dibuat untuk dapat memainkan atau mengedit media digital seperti file music atau video.

e)      Software Produktifitas

Jenis software ini mengijinkan pengguna untuk lebih produktif baik itu dalam menjalankan bisnis atau menjalankan aktifitas produktif lainnya. Contoh dari software ini adalah software pengolah huruf (Ms Words), Software pengatur database, software presentasi dan beberapa software lainnya.

f)       Operating sistem

software yang merupakan sumber dari software lainnya yang dapat mengijinkan software lainnya untuk berjalan. Contoh dari software operating sistem ini adalah Window Vista, Mac OS X dan Linux, Apple, Machintos dll, dan pada software inilah program aplikasi lainnya di install.

g)      Software Aplikasi

Software yang diinstal pada komputer yang sesuai dengan os yang ada, dimana software aplikasi ini diinstal sesuai dengan kebutuhan User (Pengguna) contohnya, MS Office (Ms Word, Ms Excell, Ms Power Point dll), Software Grafis (Adobe Photoshope, Corel Draw, Autocad dll).

h)      Software Program

Software yang berfungsi untuk membuat aplikasi-aplikasi program (Membuat Program baru) seperti program Games, Program data Base, Program Web dll, Contoh Software Program : Visual Basic, Cobol, C++, Program PHP dll.

i)        Software Aplikasi Tools

Program-program yang berfungsi untuk mempercepat, memperbaiki, dan mempermudah pengoperasian komputer.

Nama software dan kegunaanya:

Nama software

Kegunaan

Xing MPEG Player memutar CD, VCD
Linguis kamus bahasa inggris
Winamp memutar lagu – lagu MP3
Total Fonts 2002 koleksi jenis huruf
Microsoft Word Pengetikan
Microsoft Excel pembuatan tabel – tabel
Microsoft Front Page pembuatan web site
Microsoft Power Point pembuatan presentasi
Microsoft Outlook pengaturan jadwal, email, nbr tlp,
Adobe Acrobat Reader program pembaca dokumen tutorial
LinSys 3D gambar 3 dimensi
Winzip program kompres file ( memperkecil ukuran )
Macromedia Dreamweaver pembuatan web site
Macromedia Flash pembuatan gambar animasi
Macromedia Free Hand pembuatan gambar
Visual Studio komputer programming
komputer programming komputer programming
Publishing pengiriman data website ke dunia internet
Corel Draw pembuatan gambar
ACD See melihat – lihat gambar.
  1. D.    FUNGSI MASING-MASING SOFTWARE

 

Software ini dibuat untuk tujuan tertentu. penciptaan software ini adalah untuk mempermudah pekerjaan manusia. Sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi yang membantu pekerjaan manusia. Aplikasi dapat dibagi menjadi beberapa macam berdasarkan fungsinya :

  1. Pengolah kata

Aplikasi ini digunakan untuk membuat dokumen seperti surat, amplop, label, makalah dan sebagainya. Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft Word, Open Office Org. Writer dsb.

2.      Pengolah angka

Aplikasi ini digunakan untuk mengolah angka dalam bentuk tabel dan grafik. Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft Excel, Open Office Org. Calc, Lotus dsb.

3.      Pengolah presentasi

Aplikasi ini digunakan untuk membuat presentasi. Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft Power Point, Open Office Org. Impress, Macromedia Flash MX dsb.

4.      Pengolah gambar

Aplikasi ini digunakan untuk mengolah gambar dan foto. Contoh aplikasi ini antara lain; Corel Draw, Adobe Potoshop dsb.

  1. pengolahan program SPSS.

Aplikasi ini digunakan untuk mengolah data-data statistika pada saat melakukan penelitian.

Dalam aplikasi ada istilah Paket Program. Istilah ini digunakan untuk menyebutkan sebuah aplikasi yang terdiri dari beberapa aplikasi. Contohnya; Microsoft Office yang terdiri dari Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, Microsoft Access dsb. Perlu diketahui juga bahwa sebuah aplikasi biasanya hanya ditujukan untuk OS tertentu atau hanya mendukung OS tertentu. Contohnya; Microsoft Office yang hanya bisa di-instal di OS Windows. Tetapi ada juga aplikasi yang bisa di-instal di beberapa OS seperti aplikasi Mozilla Firefox yang bisa di-instal di Windows maupun Linux.

 

  1. E.     APLIKASI SOFTWARE UNTUK PENDIDIKAN  

Aplikasi sekolah yang terpadu dalam satu sistem sederhana serta harga terjangkau dengan batasan otoritas masing-masing user merupakan tujuan pokok software. Aplikasi terdiri dari : software Perpustakaan/Perpus, software aplikasi pembayaran SPP, software aplikasi pembayaran administrasi lain, software aplikasi keuangan sekolah, aplikasi pengolah nilai, software database siswa dan guru, software aplikasi absensi.

  1. a.      Software Bell Sekolah           

Bel sekolah merupakan suatu perangkat yang tidak bisa dipisahkan dari sekolah. Bel sekolah berfungsi untuk memberikan tanda pergantian jam untuk setiap pelajaran. Tetapi sayangnya petugas seringkali lupa membunyikan bel sekolah pada saat yang tepat, sehingga pergantian pelajaran bisa jadi kacau, pelajaran satu dengan lainnya durasinya tidak sama.

  1. b.      Aplikasi Pengolah Nilai         

Pengolah nilai yang cepat dan efisien tanpa mengganggu fungsi guru untuk memberikan pengajaran kepada muridnya, untuk itu software pengolah nilai yang membantu sekolah untuk mempercepat proses pengolahan nilai hingga tercetaknya raport .

  1. c.       Software Aplikasi Absensi    

Absensi sering menjadi permasalahan yang membosankan, setiap hari memanggil nama anak tiap masuk dan pulang. software absensi yang menjadikan proses absensi menjadi aktifitas biasa artinya anak saat masuk sekolah dan keluar sekolah. Dengan software absensi ini aktifitas absen bisa dilakukan sambil berjalan saat siswa masuk sekolah dan pulang sekolah.

  1. d.      Software Aplikasi Keuangan Sekolah         

Aplikasi ini sangat membantu pihak administrasi sekolah dalam hal pembukuan yang terdiri dari pemasukkan hingga pengeluaran. Pemasukan keuangan sekolah tidak terbatas pada pembayaran spp saja tetapi yang lainnya juga bisa seperti sumbangan dan biaya insedentil lainnya. Aplikasi software administrasi sekolah ini bertujuan merapikan database administrasi sekolah, antara lain data buku induk siswa dan data guru (kapan mulai mengajar dan juga latar belakang pendidikannya) hanya dengan cara sangat mudah tinggal klik sana dan klik sini. Dengan cara ini dimungkinkan pencarian data hanya dibutuhkan waktu beberapa detik.

  1. e.       Software Aplikasi Pembayaran SPP           

Pembayaran SPP sering dijadikan alasan siswa untuk terlambat masuk jam pelajaran terutama setelah istirahat, biasanya alasan siswa adalah antrian panjang. Oleh karena itu kami membuat software SPP yang bisa mempercepat proses tersebut Software Aplikasi SPP ini bertujuan mengatur, mencatat seluruh penerimaan dari siswa baik yang berupa SPP maupun administrasi lainnya secara singkat dan efisien.

  1. f.       Software aplikasi pada program pengetikan

Setiap mannusia tidak bisa lepas dengan teknologi diantaranya komputer. Pada zaman yang modern dengan kemajuan teknologinya seseorang bisa dengan mudah menyelesaikan tugas-tugas dengan efektif dan efisien, salah satunya yaitu dengan menggunakan komputer kita dapat membuat laporan dan tugas-tugas dengan dengan menggunakan program aplikasi software microsoft word yaitu merupakan program pengetikan.

  1. g.  software aplikasi presentasi

jika kita ingin membuat presentasi kita dapat menggunakan program microsoft power point. Kita tidak perlu susah payah membuat gambar atau diagram sebagai bahan untuk presentasi.

 

 

BAB III

PENUTUP

  1. 1.      KESIMPULAN

Perkembangan software dari masa ke masa selalu mengalami peningkatan. Pada awalnya software bukanlah alat yang diciptakan untuk berbagai kegunaan seperti yang kita amati pada zaman sekarang. Dulu software diciptakan hanya sebagai alat untuk mempermudah dalam penghitungan atau lebih mudahnya sebagai mesin hitung matematika. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman software ini terus berevolusi menjadi mesin serba guna khususnya pada bidang industri dan penelitian.

Manfaat software pada lingkup pendidikan adalah sebagai sarana untuk mempermudah kegiatan  dan tugas sekolah seperti Software Bell Sekolah, Aplikasi Pengolah Nilai, Software Aplikasi Absensi, Software Aplikasi Keuangan Sekolah, Software Aplikasi Pembayaran SPP, Software aplikasi pada program pengetikan, software aplikasi presentasi.dengan adanya perkembangan dan kecanggihan teknologi yang pesat kita semakin di mudahkan untuk mengerjakan hal-hal yang berhubungan dengan komputer.

II. Saran

Untuk kemajuan teknologi komputer maka diharapkan agar perkembangan komputer kedepan mampu mengubah pola fikir dan menjadikan masyarakat Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan inovatif. Serta tumbuhnya kretifitas hingga menghasilkan suatu karya yang berguna bagi manusia. Diharapkan dengan adanya teknologi komputer dan softwarenya dapat dimanfaat sesuai dengan kegunaan sebenarnya yang mampu mempercerdas bangsa bukannya unutk menghancurkan moral moral bangsa. Kemajuan komputer software dimasa mendatang diharapkan dapat membantu semua jenis pekerjaan manusia sehingga mereka mampu menyelesaikan pekerjaan mereka dengan cepat karena dimasa depan teknologi akan semakin canggih dan semua pekerjaan dikerjakan dengan system komputerisasi.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

http://www.kedaisoftware.comSumber : http://ilmukomputer.com

www.Pengertian Software.com

http://training-komputer.newgoo.net/tentang-software-komputer-f9/software-dapat-dibedakan-ada-dua-jenis-freeware-shareware-t7.htm

http://softwarekomputer.blogspot.com (juli 31,08 0:08PM)

Sommerville.Ian.2003.software Engineering.Jakarta:Erlangga

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: