ANALISIS AI-LEARN PEMBELAJARAN IPS TERPADU SMP/ MTS KELAS VIII, SEMESTER 2

Published Mei 20, 2012 by purplenitadyah

ANALISIS  AI-LEARN PEMBELAJARAN IPS TERPADU SMP/ MTS KELAS VIII, SEMESTER 2

  1. a.      Dilihat dari isi dan kaitannya dengan materi

konten atau isi dari materi yang disajikan pada media pembelajaran berupa kaset pembelajaran IPS atau ai-Learn ini sudah sesuai dengan kompetensi dasarnya yaitu sesuai dengan SK/KD kelas VIII semester 2. Tetapi masih ada kelemahannya yaitu materi yang di sajikan kurang menarik perhatian siswa, sehingga  membuat siswa jenuh karena siswa dituntut untuk mendengarkan suara yang ada didalam kaset rekaman tersebut, tanpa mengerti maksud dari pembelajaran tersebut.

 

  1. b.      PENYAJIAN

Penyajian dari  media pembelajaran ini kurang begitu menarik, karena hanya menampilkan paragraf pembahasan materi saja dan gambar-gambar yang disajikan pun hanya berupa gambar tak bergerak atau bukan animasi. Penyajian seperti tu hanya akan membuat peserta didik menjadi bosan dan susah untuk memahami materiyang di sampaikan. Seharusnya dalam penyajiannya disertai dengan video atau gambar animasi yang sesuai dengan Kompetensi Dasar tersebut.

 

  1. c.       Keterkaitan materi dengan Tujuan pembelajaran IPS.

Menurut pendapat saya keterkaitan materi dengan tujuan pembeljaran IPS sudah sesuai dengan apa yang tercantum dalam tujuan pembelajaran IPS yaitu menjadikan pembelajaran IPS menjadi pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik.

 

  1. d.      Karakteristik media  kaset ai-learn/video pembelajaran IPS

Sebagai sebuah media pembelajaran, video/kaset mempunyai karakteristik yang berbeda dengan media lain. Adapun karakteristik media video agak berbeda denganmedia kaset. Perbedaan itu terletak pada penggunaan dan sumber. Media video dapat digunakan kapan saja dan kontrol ada pada pengguna, sedangkan media kaset ai-learn  hanya dapat digunakan satu kali saja karena tidak bisa di perbanyak atau di copy..Namun secara umum kedua media ini mempunyai karakteristik yang sama, yaitu:a. Menampilkan gambar dengan gerak, serta suara secara bersamaan.b. Mampu menampilkan benda yang sangat tidak mungkin ke dalam kelas karena terlalu besar (gunung), terlalu kecil (kuman), terlalu abstrak (bencana), terlalu rumit(proses produksi), terlalu jauh (kehidupan di kutub) dan lain sebagainya.c. Mampu mempersingkat proses, misalnya proses penyemaian padi hingga panen.d. Memungkinkan adanya rekayasa (animasi). Adapun media kaset ai-learn/video pembelajaran ini juga mempunyai kelebihan dan kekurangan.

 

  • Kelebihan 

ü  Memberikan kemudahan kepada para guru khususnya dalam kegiatan pembelajaran, karena tidak akan menguras tenaga yag besar untuk menerangkan materi, cukup hanya diputarkan kaset saja dan hanya membutuhkan sedikit penjelasan saja dari guru.

ü  Dapat menarik perhatian siswa untuk fokus terhadap materi.

ü  Sangat efektif dan efisien untuk kegiatan PBM.

  • Kekurangan

ü  Menjadikan guru tidak kreatif, hanya mengandalkan alat bantu berupa kaset saja.

ü  Guru menjadi malas, dan kurang bertanggung jawab dalam mengajar.

ü  Siswa merasa bosan jika dalm jangka waktu yang lama hanya di suguhi materi berupa kaset atau video saja.

 

  1. e.       TAMPILAN

Tampilan pada saat awal pembukaan materi sudah cukup menarik, karena siswa seperti menonton tayangan televisi pembelajaran. Dan akan membuat siswa menjadi fokus.

  1. f.        Kesesuaian terhadap pola pikir peserta didik

Bahasa yang digunakan sangat mudah dipahami bagi siswa-siswa SMP, karena menggunakan gaya bahasa pecakapan sehari-hari. Keterkaitan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari sehingga memudahkan siswa untuk memahami materi yang disajikan dan sedikit agak berbeda dengan proses belajar mengajar sebelumnya.

 

  1. g.      Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam ai-learn ini kurang menarik, hanya suara menampilkan suara pematerinya saja, seharusnya diselingi dengan sedikit lagu supaya tidak jenuh dan terkesan membosankan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: