Melatih, Mengajar dan Membimbing Dalam Bimbingan Konseling

Published Mei 20, 2012 by purplenitadyah

Mengajar adalah aktivitas kompleks yang dilakukan guru dalam menyampaikan pengetahuan kepada siswa, sehingga terjadi proses belajar. Mengajar itu dilakukan oleh guru mata pelajaran, dengan menjadikan suatu mata pelajaran sebagai bahan ajarnya.

Melatih adalah proses memberikan latihan secara berulang-ulang agar mendapatkan keterampilan tertentu. Sedangkan membimbing yaitu proses bantuan yang diberikan konselor kepada konseli, agar konseli mencapai perkembangan yang optimal. Membimbing itu harus dilakukan oleh seorang tenaga professional bernama guru BK atau konselor dan tugasnya berbeda dengan mengajar karena konselor tidak mengajarkan apa yang mereka dapatkan selama kuliah, tapi mengaplikasikan ilmu yang didapat selama kuliah disekolah.

Tugas membimbing itu harus menjadi salah satu tugas dari seluruh elemen sekolah, termasuk guru, karena guru juga punya tanggung jawab moril untuk mendidik dan membimbing peserta didik, agar peserta didik tidak hanya pintar dari segi akademik saja, namun tetap saja, guru mata pelajaran tidak akan “seahli” konselor karena memang bukan ranahnya dan harus dilakukan oleh tenaga professional, serta dibutuhkan kerjasama dari guru-guru mata pelajaran, kepala sekolah sekolah, dll.

Persamaan dari mengajar, melatih, dan membimbing yaitu ketiganya merupakan suatu proses pendidikan yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: