10 TEMA DALAM SOCIAL STUDIES

Published Mei 21, 2012 by purplenitadyah

Pada intinya, mempromosikan ilmu-ilmu sosial dan pengetahuan involyement dalam urusan sipil. Dan karena masalah kepentingan umum seperti perawatan kesehatan, kejahatan, dan kebijakan luar negeri yang multidisiplin di alam, memahami isu-isu ini dan mengembangkan resolusi untuk mereka memerlukan pendidikan multidisiplin.

 

2. waktu, kesinambungan dan perubahan

Manusia berusaha untuk memahami akar sejarah dan menempatkan diri mereka pada waktunya. Mengetahui cara membaca dan merekonstruksi masa lalu memungkinkan seseorang untuk mengembangkan perspektif sejarah dan untuk menjawab pertanyaan seperti:
Siapa aku?

 

3. orang, tempat, dan lingkungan

Studi tentang orang, tempat, dan interaksi lingkungan manusia membantu siswa ketika mereka menciptakan spasial pandangan dan perspektif geografis dunia di luar lokasi pribadi mereka. Siswa memerlukan knoeledge, keterampilan, dan pemahaman untuk menjawab quetions seperti:

Di mana hal-hal yang berada?

Mengapa mereka terletak di mana mereka berada?

Apa yang dimaksud dengan wilayah w?

Bagaimana mengubah bentang alam?

Apa implikasi melakukan perubahan tersebut bagi orang-orang?

Di sekolah, tema ini biasanya muncul dalam satuan dan kursus yang berhubungan dengan studi luas dan geografi.

 

4. individu dan identitas

Identitas pribadi dibentuk oleh salah satu kebudayaan, oleh kelompok-kelompok, dan kelembagaan infliunces. Siswa harus mempertimbangkan quetions sebagai:
Bagaimana orang belajar?

Mengapa orang-orang berperilaku seperti yang mereka lakukan?

Apa yang mempengaruhi bagaimana orang ramping, merasakan, dan tumbuh?

Bagaimana orang memenuhi kebutuhan dasar mereka dalam berbagai konteks?

Di sekolah, tema ini biasanya muncul dalam unit dan kursus yang berhubungan dengan psikologi dan antropologi.

 

5. Individu, kelompok, dan lembaga

lembaga-lembaga seperti sekolah, masjid, keluarga, lembaga gonernment dan pengadilan memainkan peran integral dalam kehidupan manusia. Penting bahwa siswa belajar bagaimana institusions terbentuk, apa yang kontrol dan pengaruh mereka, bagaimana mereka mempengaruhi individu dan budaya, dan bagaimana mereka maintaind atau perubahan. Siswa dapat alamat quetions seperti:

Apa peran lembaga-lembaga dalam hal ini dan masyarakat lain?

Bagaimana am i dipengaruhi oleh lembaga-lembaga?

Bagaimana lembaga berubah?

Apa peran saya dalam perubahan kelembagaan?

Di sekolah tema ini biasanya muncul dalam unit dan kursus yang berhubungan dengan sosiologi, antropologi, psikologi, ilmu politik, dan sejarah.

 

6. kekuasaan, otoritas, dan pemerintahan

Memahami sejarah perkembangan struktur kekuasaan, otoritas, dan pemerintahan dan fungsi yang berkembang dalam masyarakat Indonesia kontemporer dan bagian lain di dunia sangat penting untuk mengembangkan kompetensi kewarganegaraan. Dalam mengeksplorasi tema ini, siswa menghadapi pertanyaan-pertanyaan seperti:

Apakah kekuasaan?

Bentuk apa yang diperlukan?

Yang memegang itu?

Bagaimana diperoleh, digunakan, dan dibenarkan?

Apa yang sah?

Bagaimana pemerintah dibuat, terstruktur, dipelihara, dan berubah?

Bagaimana hak-hak individu dapat dilindungi dalam konteks mayoritas?

Di sekolah, tema ini biasanya muncul dalam unit dan kursus berurusan dengan pemerintah, politik, ilmu politik, sejarah, hukum, dan ilmu-ilmu sosial lainnya.

 

7. produksi, distribusi, dan konsumsi

Karena orang memiliki keinginan yang sering melebihi sumber daya yang tersedia bagi mereka, berbagai cara telah berevolusi untuk menjawab pertanyaan seperti:
Apa yang akan dihasilkan?

Bagaimana produksi diorganisir?

Bagaimana barang dan jasa yang akan didistribusikan?

Apa yang paling efektif alokasi dari faktor-faktor produksi?

Di sekolah, tema ini biasanya muncul dalam unit dan kursus yang berhubungan dengan konsep-konsep dan isu-isu ekonomi.

 

8. ilmu pengetahuan, teknologi, dan masyarakat

Kehidupan modern seperti yang kita tahu itu tidak mungkin tanpa teknologi dan ilmu pengetahuan yang mendukungnya. Namun teknologi membawa serta banyak pertanyaan:
Apakah teknologi baru selalu lebih baik daripada tua?

Apa yang dapat kita belajar dari masa lalu tentang bagaimana teknologi baru mengakibatkan perubahan sosial yang lebih luas, beberapa yang tak terduga?

Bagaimana kita bisa mengelola teknologi sehingga jumlah terbesar orang mendapat manfaat dari itu?

Bagaimana kita dapat melestarikan nilai-nilai fundamental kita dan keyakinan di tengah-tengah perubahan teknologi?

Tema ini diambil dari alam dan ilmu-ilmu alam, ilmu sosial, dan humaniora dan muncul dalam berbagai mata kuliah ilmu-ilmu sosial, termasuk sejarah, geografi, ekonomi, kewarganegaraan, dan pemerintah.

 

9. koneksi global

Realitas interdependensi global memerlukan pemahaman yang semakin penting dan beragam koneksi global di antara masyarakat dunia dan sering ketegangan antara kepentingan bangsa dan prioritas global. Siswa akan perlu untuk dapat mengatasi isu-isu internasional seperti perawatan kesehatan, lingkungan, hak asasi manusia, persaingan dan saling ketergantungan ekonomi, usia tua permusuhan etnis dan aliansi militer dan politik. Tema ini biasanya muncul dalam unit atau kursus yang berhubungan dengan geografi, budaya dan ekonomi, tetapi juga dapat memanfaatkan alam dan ilmu-ilmu fisik dan humaniora.

 

10. cita-cita kemasyarakatan dan praktek-praktek

Pemahaman tentang cita-cita dan praktek kewarganegaraan kewarganegaraan sangat penting untuk partisipasi penuh dalam masyarakat dan tujuan utama dari studi sosial. Mahasiswa menghadapi pertanyaan-pertanyaan seperti:

Apakah yang dimaksud dengan partisipasi masyarakat dan bagaimana saya bisa terlibat?

Bagaimana arti kewarganegaraan berevolusi?

Apa yang dimaksud dengan keseimbangan antara hak dan tanggung jawab?

Apa peran warga negara dalam masyarakat dan bangsa, dan sebagai anggota masyarakat dunia?
Bagaimana saya bisa membuat perbedaan positif?

Di sekolah, tema ini biasanya muncul dalam unit atau kursus yang berhubungan dengan sejarah, ilmu politik, antropologi budaya, dan bidang-bidang seperti studi global, hukum pendidikan terkait, dan humaniora

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: